Kode Iklan Anda Disini

Rabu, 19 Maret 2014

SAP Manajemen Humas &Pelayanan Publik


SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
Semester Genap Tahun Akademik 2013 / 2014


Mata Kuliah                           : Manajemen Humas &Pelayanan Publik   
Fakultas/ Prodi                     : Tarbiyah/ Manajemen Pendidikan Islam                        
Bobot sks                               : 2 Sks
Pengampu                             : Darul Abror
Contac Person                      
1.          Fb                         : Cak Abror
2.          Twiter                 : @cakabror
3.          Email                   : masdarul1909@gmail.com
4.          Blogg                   : darulabror86.blogspot.com
5.          Hp                        : 0856 6942 0307

A.        Kompetensi dasar
1.       Mahasiswa mampu memahami dengan baik pentingnya Manajemen Humas dan layanan Publik
2.       Mahasiswa mengetahui pengertian, Public Relations, komunikasi manajemen dan perkerjaan  public relations
3.       Mahasiswa mampu mengetahui kualitas pelayanan public, dan melakukan pelayanan  prima dengan masyarakat

B.         Hasil belajar
Mampu memahami, menjelaskan  dan mengamalkan public relations dan pelayanan prima dalam kehidupan sehari-hari

C.         Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
ü Menjelaskan arti manajemen humas
ü Menjelaskan pengertian ayanan public
ü Menejelaskan  tata laksana dan monitoring pelayanan public
ü Menjelaskan pengawasan pelayanan public
ü Menjelaskan hal-hal pelayanan pubik yang prima   
ü Memahami tujuan public reations
ü Memahami manajemen strategis public relations
ü Memahami komunikasi aktif dan asertif  dalam public

D.        Materi Pokok
Materi disesuaikan dengan rencana perkuliahan , terlampir

E.         Strategi Pembelajaran
ü Kuliah ini diselenggarakan  dalam 14 sampai 16 kali pertemuan dengan mengutamakan penguasaan topik/ pokok bahasan. Apabila ada perkembangan baru topik pembahasan dapat diperkaya.
ü Pendekatan yang diterapkan dalam matakuliah ini  ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/ adult learning) dengan menggunakan lebih banyak metode diskusi , studi kasus, Tanya jawab dari pada ceramah.
ü Setiap mahasiswa memberikan pendapat pada materi yang telah ditetapkan ataupun materi yang telah didiskusikan.

F.         Sarana dan sumber Pembelajaran
ü Sarana
Hadware : OHP, white Board, alat tulis, dan bahan kuliah lainya.    
ü Sumber
An.Ubaedy. 2009. 15 Tips jitu membangun hubungan dan karier. KinzaBooks. Jakarta.
King, Larry. 2010. How To Talk To Anyone, Anytime, Anywhere. (diterjemahkan oleh widodo). PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Mandar Maju. Bandung.
M.N.Ibad. 2010. Leadership Scret of Gusdur –Gusmiek. Pustaka Pesantren. Yogyakarta.
Iriantara, Yosal. 2004. Manajamen Stratgis Public Relations. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Effendy, Onong Uchjana. 2009.Human relation & Public relation. Mandar Maju. Bandung.
dan Seluruh buku yang terkait dengan materi serta data-data dari google book,jurnal ilmiah dari universitas atau kampus dan karya-karya ilmiah seperti skripsi, tesis maupun disertasi dari internet.    
ü Tidak dipekenankan sumber dari internet kecuali sesuai  dengan point kedua di atas.


G.        Tugas
ü Individu : Setiap Mahasiswa melakukan Reading Course pada tiap kali pertemuan dengan teknik membaca, memahami, kemudian menulis hasil pemahaman tersebut yang kemudian di analisis dan diberikan kesimpulan, minimal dua lembar pada kertas polio dengan menuliskan sumber atau referensinya.
ü Kelompok : masing-masing kelompok membuat makalah sesuai dengan materi yang telah ditentukan dengan megikutsertakan referensi minimal  5 sumber/ buku/ karya ilmiah.
ü Tugas  dipresentasikan dengan menggunakan power point/ no tekt ( tidak menggunakan tek), kemudian mengumpulkan makalah tersebut diakhir semester  setelah direvisi sesuai dengan saran. 

H.    Penilaian
Kriteria penilaian didasarkan atas persyaratan berikut :
a.        UAS dan UTS : 20 %         
b.       Kehadiran                      : 25 %, 
c.        Keaktifan kelas              : 20 %,       
d.       Tugas                              : 35 %

e.    Rencana Perkuliahan

NO
Tanggal
Topik/ Materi
Ket
1.        
20-02-2014
Transaksi perkuliahan dan pengantar pengetahuan dasar Manajemen Humas dan layanan publik  
Penjelasan dosen dan tanya jawab
2.        
06-03-2014
Cara menjaga hubungan yang produktif
Penjelasan dosen dan tanya jawab
3.        
13-03-2014
Memecah kebekuan
Presentasi dan diskusi
4.        
20-03-2014
Strategi membangun kepercayaan
Presentasi dan diskusi
5.        
27-03-2014
Pelayanan public  yang prima
Presentasi dan diskusi
6.        
03-04-2014
Public Relations dalam praktek( menerbitkan majalah organisasi)
Presentasi dan diskusi
7.        
10-04-2014
Mengakomodir semua karakter dan membuka diri atas kritik & masukan
Presentasi dan diskusi

17-04-2014
Ujian Tengah Semester

8.        
24-04-2014
Dasar  yang dimilki pembicara terbaik
Presentasi dan diskusi
9.        
01-05-2014
Proses manajemen strategis public relation
Presentasi dan diskusi
10.     
08-05-2014
Mengatasi perbedaan pendapat dengan cerdas dan produktif
Presentasi dan diskusi
11.     
22-05-2014
Strategi manajemen humas dalam penerimaan siswa baru di Madrasah
Presentasi dan diskusi
12.     
05-06-2014
Manajemen Pelayanan public Kuliah kerja nyata (KKN )
Presentasi dan diskusi
13.     
12-06-2014
Berkomunikasi secara asertif dan meyakinkan
Presentasi dan diskusi
14.     
19-06-2014
Alokasi waktu cadangan
Tanya jawab

26-06-2014
Ujian Akhir Semester


                                                                                                                Lubuk Seberuk,  Februari 2014
                                                                                                                Dosen Pengampu


                                                                                                                DARUL ABROR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar